Optimalisasi Pengisian Edukasi Keperawatan pada ERM dengan membuat Komitmen Bersama antara Kepala Unit dan Perawat Pelaksana dengan menggunakan Pendekatan Metode PDSA

Main Article Content

Dian Limara Sartika Marunduh
Agusta Dian Ellina

Abstract

Metode Plan-Do-Study-Act (PDSA) adalah pendekatan untuk menguji perubahan yang diterapkan guna memastikan peningkatan mutu yang berkelanjutan. Empat langkah dalam PDSA membantu memandu proses berpikir dengan memecah tugas menjadi beberapa langkah teknis, kemudian mengevaluasi hasilnya, memperbaikinya, dan mengujinya kembali. Proyek optimalisasi pengisian ERM pada bagian edukasi perawat membutuhkan komitmen dari seluruh perawat dan kepala ruang Rawat Inap I di RSU Bali Royal.


Konsep dalam pencarian akar masalah menggunakan diagram fishbone, metode scoring untuk menyusun prioritas isu yang harus diselesaikan. Studi kasus dilakukan di Ruang Rawat Inap I RSU Bali Royal Denpasar dengan jumlah tenaga perawat 29 dan 1 kepala ruang. Pelaksanaan optimalisasi pengisian edukasi keperawatan pada ERM dimulai dengan diskusi grup terfokus yang menghasilkan kesepakatan/ komitmen perawat dengan kepala ruang dengan fungsi supervisinya, kemudian pelaksanaan dengan dievaluasi dengan metode P-D-S-A di RSU Bali Royal.


Analisa hasil implementasi mendapatkan hasil yang cukup baik, dengan capaian 42% pada minggu pertama dan meningkat menjadi 51% pada minggu kedua.


Penerapan model komitmen bersama antara perawat pelaksana dengan supervisi kepala ruang melalui pendekatan metode P-D-S-A dalam optimalisasi pengisian edukasi keperawatan pada ERM yang merupakan bentuk upaya peningkatan mutu dalam keperawatan merupakan hal yang penting untuk dilakukan secara berkelanjutan. Siklus PDSA yang dilakukan secara konsisten dan dilaksanakan bersamaan dengan komitmen perawat serta peran supervisi dari kepala ruangan akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Article Details

How to Cite
Limara Sartika Marunduh, D., & Dian Ellina, A. (2024). Optimalisasi Pengisian Edukasi Keperawatan pada ERM dengan membuat Komitmen Bersama antara Kepala Unit dan Perawat Pelaksana dengan menggunakan Pendekatan Metode PDSA. Jurnal Abdi Kesehatan Dan Kedokteran, 3(2), 113–121. https://doi.org/10.55018/jakk.v3i2.58
Section
Articles

References

Abuzied, Yacoub et all. 2023. Using Focus PDSA Quality Improvement Methodology Model in Healthcare: Process and Outcomes. Global Journal on Quality and Safety in Healthcare (2023) 6 (2): 70-72. https://doi.org/10.36401/JQSH-22-19

Kristin Laugaland, Ingunn Aase1, Monika Ravik, Marianne Thorsen Gonzalez and Kristin Akerjordet. 2023. Exploring stakeholders’ experiences in co-creation initiatives for clinical nursing education: a qualitative study. Laugaland et al. BMC Nursing. https://doi.org/10.1186/s12912-023-01582-5

Laras Adythia Pratiwi, Krisna Yetti, Dudi Mashudi. 2020. Optimalisasi Supervisi Pemberian Edukasi Pasien dan Keluarga pada RS di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, Volume 16, No.2, Oktober 2020

Pedoman Mutu Rumah Sakit Umum Bali Royal Tahun 2022.

Peggy Passya, Ichsan Rizany, Herry Setiawan. 2019. Hubungan Peran Kepala Ruangan dan Supervisor Keperawatan dengan Motivasi Perawat dalam Melakukan Dokumentasi Keperawatan. Jurnal Keperawatan Raflesia, Volume 1 Nomor 2, November 2019 ISSN: (p) 2656-6222 (e) 2657-1595, DOI 10.33088/jkr.vli2.409

Peter van Oort, Jolanda Maaskant, Marie Louise Luttik. 2023. Impact of a patient and family participation education program on hospital nurses' attitudes and competencies: A controlled before-after study. https://doi.org/10.1016/j.pecinn.2023.100249

Rasmulia Sembiring, Winarto. 2020. Pengaruh Budaya Kerja dan Komitmen terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Perawat di Rumah Sakit Milik Pemerintah). Jurnal Ilmiah Methonomi Volume 6 Nomor 1 (2020)

Rawah, Rehab, and Maram Banakhar. 2022. "The Relationship between Empowerment and Organizational Commitment from Nurse’s Perspective in the Ministry of Health Hospitals" Healthcare 10, no. 4: 664. https://doi.org/10.3390/healthcare10040664

Rumoning, Muhammad Harunan. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Stres Kerja terhadap Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Perawat di RSUD Kabupaten Asmat. Jurnal EMBA Vol. 6 No. 2 (2018). DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.19946

Wiwit Ekayanti, Susi Widjajani, Budiyanto. 2019. Pengaruh Karakteristik Personal dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Komitmen Organisasional Perawat. DOI: http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v8i2.415

Yetti K, Pratiwi LA, Gayatri DD. Determinan Perilaku Perawat dalam Pemberian Edukasi Pasien pada Rumah Sakit di Jakarta Selatan. Dunia Keperawatan. 2020;8(3): 499-510