Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

PEDOMAN PENULISAN JURNAL ABDI KESEHATAN DAN KEDOKTERAN (JAKK)

UMUM

  1. Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan tidak pernah diterbitkan di jurnal mana pun yang memiliki ISSN atau ISBN.
  2. Naskah yang dikirimkan merupakan kajian ilmiah yang dihasilkan dari studi kasus atau studi literatur. Semua kasus yang diterima harus memiliki perhatian pada kasus-kasus yang sulit, unik, dan jarang terjadi dengan penyelesaian masalah yang tidak biasa yang penting untuk dipublikasikan.
  3. Naskah harus ditulis dalam bentuk artikel, bukan laporan dan disajikan mengikuti prinsip-prinsip tata bahasa Indonesia yang baik.
  4. Penulis harus mendaftar sebagai penulis di JAKK sebelum mereka dapat masuk, mengirim dan mengunggah naskah.
  5. Naskah akan diterbitkan di JAKK setelah ditinjau oleh peer reviewer.
  6. Staf editorial memiliki hak untuk mengedit naskah tanpa membuat perubahan apa pun pada isinya.
  7. Penulis naskah bertanggung jawab atas isi naskah yang diterbitkan.
  8. JAKK akan memberi tahu penulis jika ada manuskrip yang tidak diterbitkan.
  9. Naskah dan ilustrasi yang diserahkan secara hukum adalah milik penerbit dan tidak boleh dipublikasikan di media lain tanpa izin resmi dari penerbit.
  10. Dukungan para penulis jurnal diharapkan dengan menggunakan referensi dari Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah diterbitkan.
  11. Semua bentuk komunikasi harus berbasis elektronik.
  12. Template jurnal penulisan dapat diunduh di situs JAKK.
  13. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi contact person JAKK

 

SISTEMATIKA PENULISAN MANUSKRIP

  1. Judul
  • Judul, nama penulis, institusi dan email yang sesuai.
  • Judul tidak boleh lebih dari 20 kata, menggambarkan seluruh isi tulisan, huruf yang diketik dalam huruf Times New Roman jenis huruf tebal 14 (judul abstrak bahasa Inggris juga harus tidak lebih dari 20 kata).
  1. Abstrak
  • Abstrak harus ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Abstrak dibuat dalam satu paragraf tanpa subtitle yang terdiri dari latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan  dan kata kunci (3-5 frasa). Ditulis dalam huruf Times New Roman jenis huruf miring 10 dengan maksimal 200 kata.
  1. Isi
  • Sub judul terdiri dari: Pendahuluan (terdiri dari latar belakang, tinjauan literatur, perumusan masalah dan tujuan yang ditulis dalam satu bab tanpa subtitle), Metode, Pembahasan, Kesimpulan dan Referensi.
  • Manuskrip harus disajikan dalam format teks 2 kolom (lihat petunjuk penulisan).
  • Manuskrip diketik dalam font Times New Roman 10 dari ukuran kertas A4 spasi tunggal (210 x 297 mm) dengan format margin kiri 25 mm, margin kanan 20 mm, margin bawah 20 mm, dan margin atas 25 mm.
  • Manuskrip terdiri dari  4000 – 6000 kata.
  • Gambar harus dalam format JPEG dan memiliki resolusi minimal 300 dpi (titik per inci), tabel harus dimasukkan dalam isi teks dan bukan sebagai lampiran
  • Gambar dan tabel harus diberi nomor dengan angka Arab, dan judul tabel serta informasi singkat tentang tabel yang ditulis dalam huruf Times New Roman ukuran 10 tebal dengan spasi tunggal.
  1. Referensi

Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan. Format penulisan APA 7th. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya.