Pelatihan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Senden 2 Kecamatan Ngasem Kab Kediri Jawa Timur
Main Article Content
Abstract
Gempa dapat mengakibatkan banyak korban jika tidak dilakukan peningkatan kapasitas pada masyarakat yang rentan. Kesiapsiagaan gemba bumi perlu diinformasikan siswa sekolah dasar (SD) agar terus siap dalam kewaspadaan gempa bumi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pelatihan mitigasi bencana alam gempa bumi pada siswa sekolah dasa Negeri Senden 2 Kecamatan Kediri Jawa Timur.
Metode yang digunakan adalah pelatihan dengan pendekatan pre post test desain. Populasi adalah siswa SDN Senden 2. Variabel yang diukur adalah pengetahuan dan keterampilan. Pelatihan melibatkan sebanyak 35 orang siswa SD yang terdiri atas siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner Pengetahuan. Intervensi yang diberikan adalah pelatihan mitigasi bencana di kelas dan diluar kelas.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa hasil pre test paling banyak didapatkan responden memiliki pengetahuan yang kurang tentang mitigasi bencana gempa bumi sebanyak 23 responden (65.71%), sedangkan hasil post test paling banyak didapatkan responden memiliki pegetahuan yang cukup tantang mitigasi bencana alam gempa bumi sebanyak 19 responden (54.29%). Hasil uji statistic dengan uji Wilcoxon didapatkan p value=0.001 (a<0,05) yang bermakna bahwa terdapat pengaruh pelatihan mitigasi bencana alam gempa bumi terhdapa pengetahuan pada siswa sekolah dasa Negeri Senden 2 Kecamatan Kediri Jawa Timur.
Pelatihan mitigasi bencana gempa bumi harus terus dilaksanakan untuk meningkatkan kewaspadaan siswa dan mengurangi korban bencana akibat gempa bumi yang tidak terprediksi
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Agrian, A., Hasnawati, H., & Anggraini, D. (2022). Analisis Kebutuhan Pegembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Permainan Sumputan Untuk Mengembangkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Siswa Sekolah Dasar. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(2), 154–162.
Amri, M. A., Rahmawan, S., Nuryana, S. D., Assegaf, A., Adhitama, R., Setyorini, D. A., & Herdiansyah, F. (2022). SOSIALISASI MITIGASI BENCANA GEOLOGI KEPADA MASYARAKAT SEKOLAH DASAR ISLAM AY-YUSUFIAH, BANTEN. Jurnal AKAL: Abdimas Dan Kearifan Lokal, 3(2), 182–192.
Ayub, S., Kosim, K., Gunada, I. W., & Handayani, E. P. (2021). Simulasi Mitigasi Bencana Gempabumi di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(1).
Halifah, M. N. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN AMORA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI SEKOLAH DASAR. Universitas Pendidikan Indonesia.
Haryanti, E., & Kamesyworo. (2022). Knowledge Levels and Adolescent Attitudes towards the Implementation of BSE (Breast Self-Examination) in Level I Students . Journal of Applied Nursing and Health, 4(1 SE-Articles), 33–39. https://doi.org/10.55018/janh.v4i1.33
Herdiani, T. N., Sanisahhuri, & Lora, V. P. (2021). The Effect of Booklet Media Counseling on Increasing Knowledge of Disaster Risk Among Adolescents at Pancasila Islamic Boarding School. Journal of Applied Nursing and Health, 3(2 SE-Articles), 96–103. https://doi.org/10.55018/janh.v3i2.17